Cara Mengaktifkan & Menganti 3G ke 4G LTE di Android

Berikut cara singkat dan paling mudah untuk mengaktifkan atau manyalakan fitur 4G pada smartphone android. Di zaman dewasa ini, perkembangan teknologi smartphone terasa begitu cepat. Mulai dari perkembangan dan perubahan teknologi pada mobile devicenya sendiri sampai teknologi jaringanya. Teknologi jaringan pun banyak ragam dan jenisnya. Di setiap negara, perkembangan teknologi jaringan berbeda beda, ada yang masih menggunakan jaringan lawas seperti 2G (edge) dan 3G (HSPA), aja juga yang sudah maju dengan menggunakan jaringan long term evolution atau biasa disebut LTE. Bahkan, dibeberapa negara kini sudah dikembangkan jenis jaringan baru yaitu 5G.

 

Di tahun ini, Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE. Beberapa operator pun bersaing untuk menjadi yang terbaik dan tercepat.

And this is guide how to turn on 4G LTE on Android Devices. langsung to the point aja, simak tutorial lengkap berikut ini…

Cara mengaktifkan LTE di Android

 

Syaratnya Adalah :
  • Sebuah handphone yang mendukung dan support 4G LTE sesuai frekuensi operator yang anda gunakan. Untuk mengetahui apakah frekuensi smartphone dan operator sama atau tidak, anda dapat mengunjungi situs willmyphonework.net.
  • Daerah anda tercover jaringan 4G atau terjangkau sinyal LTE, untuk melihat apakah daerah anda mendukung dan tercakup LTE, anda bisa melihat artikel Cara mengetahui cakupan wilayah sinyal 4G LTE berbagai Operator seperti telkomsel, indosat, XL, axis, three (3) atau smartfren.
  • Kartu SIM Operator anda support 4G. Jika belum, anda dapat menukarkanya ke gerai resmi operatur yang bersangkutan.
Langkah – Langkah Mengubah signal jaringan 2G EDGE, 3G HSPA menjadi 4G :

1. Cara Pertama :
  • Pertama, buka pengaturan (setting) kemudian pilih Data Seluler atau Lainya
4g Langkah - Langkah Mengubah signal jaringan 2G EDGE, 3G HSPA menjadi 4G
Pengaturan di Lenovo A6000
  • Biasanya ada pengaturan Jenis Jaringan seperti contoh di bawah ini.
mengaktifkan 4g LTE A6000 plus
Jenis Jaringan  di Android

 

  • Kemudian Pilih LTE atau 4G. Bisa juga GSM/WCDMA/LTE (Agar Otomatis Berubah jika kehilangan sinyal).

 

2. Cara Kedua :
Cara alternatif ini lebih mudah dan simple untuk melock atau mengunci jaringan 4G agar tidak berubah ubah ke 3G / HSPA / EDGE, yaitu dengan Cara :
  • Buka dial pad / telepon lalu ketikan :
  • *#*#4636#*#*

 

kode dial 4g
Buka Dial pad

 

  • Nanti akan secara otomatis membuka tool test / menguji kemudian pilih info telepon.
info telepon a6000+
Tampilan info telepon
  • Kemudian pilih LTE only di kolom jenis jaringan yang disukai.
  • Kemudian tinggal back dan LTE pun berhasil Terkunci.
  • Tetapi hanya sementara, jika di reboot akan kembali seperti semula di beberapa Android.
  • Jika anda tidak bisa masuk ke pengaturan ini atau tidak bisa mengubah pengaturan LTE Only di sini maka smartphone anda dipastikan di lock oleh vendor smartphone yang bersangkutan.

3. Cara ketiga :

Alternatif ketiga buat para newbie yang tidak ingin repot dan kesusahan bisa mencoba cara ini. Caranya yaitu menggunakan Aplikasi. Anda tinggal buka playstore dan cari aplikasi 4G switch atau sejenisnya. Anda tinggal buka aplikasinya dan Tinggal klik LTE ONLY maka setting pun beres. Namun, jika pakai aplikasi, biasanya dibeberapa smartphone harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Sebagai alternatif, anda juga bisa menggunakan aplikasi serupa yaitu 4G Only Network Mode yang bisa di download di bawah ini :

Semua tutorial diatas sudah tested dan work 100% di Lenovo A6000 Plus dan Samsung J5 milik saya. Anda tinggal rasakan Kecepatanya bro!

UPDATE!!!
Karena banyak yang bertanya tentang Cara Lock 4G LTE Only di Samsung Galaxy J5 saya akan jelaskan disini.

  • Untuk smartphone samsung galaxy, pengaturan *#*#4636#*#* biasanya di lock oleh samsung jadi tidak bisa dengan cara tersebut, alternatifnya yaitu menggunakan aplikasi “Advanced Signal Status” yang anda bisa download di bawah ini :
  • Tetapi syarat utamanya yaitu harus root terlebih dahulu, Untuk tutorial root anda bisa cari di google. Tetapi, jika sudah update ke marshmallow, anda tidak perlu melakukan rooting.
  • Untuk Smartphone lain bisa di coba.
  • Lebih lengkapnya anda bisa simak artikel Cara Mengaktifkan & Lock Sinyal Jaringan 4G Samsung J5
Sekian artikel kali ini, semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi anda dan bisa membantu anda dalam Aktifkan Jaringan 4G Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah. Sekian tips dan trick kali ini, Salam Cyber!
Keyword :
Cara Mengubah Jaringan Android ke 3g/ HSDPA 4G LTE, Cara Jitu merubah jaringan 3G ke 4G untuk hp, Cara Mengganti Jaringan 2G, 3G Menjadi 4G, Apakah bisa hp 3G diubah menjadi 4G, samsung j5, samsung j2, iphone 5s, samsung galaxy, lenovo, xiaomi redmi, asus zenfone, cara setting 4g lte.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, sehari-hari bekerja sebagai Digital Marketing Consultant yang memiliki ketertarikan di bidang filsafat, teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

73 thoughts on “Cara Mengaktifkan & Menganti 3G ke 4G LTE di Android”

  1. Begini gan.. Sy mnggnkan xperia m dual c2005. Di layar pengturan jaringan gak ada pilihan untuk lte. Tpi klo saya akses lewat *#*#4636#*#* pilihan LTE nya ada. Pas balik di lyar pgturan jaringan,udah ke lock LTE. tpi jrngan yg mncul H+. (area n simcard udh support). Apakah handphonex nggak support atau support?mksh…

    Reply
  2. Maaf, setelah saya cek hp agan di GSM Arena ternyata HP Agan tidak mendukung 4G LTE, Hp agan hanya mendukung H+.
    Walaupun di paksakan memilih LTE Only di pengaturan *#*#4636#*#*, sinyal tidak akan berubah menjadi 4G.

    Reply
  3. Gan kenapa lenovo a6000 saya (bukan a6000+) gak bisa keluar 4gnya ya? Daerah saya udah tercover 4g kok, temen saya pake asus pake xl bisa 4g tapi saya gak bisa, saya usah lock 4g tapi malah sinyalnya gak ada. Mohon bantuannya hehehe

    Reply
  4. Gan.. Saya pake lg g4 stylus h540.. 3 cara diatas gagal semua gan.. Ada notifikasi "This application does not work on this device".. Mohon pencerahannya.. Terima kasih..

    Reply
  5. Gan, mau tanya, hp saya Lenovo vibe p1m, waktu awal2 stelah pembelian, sinyal internetnya bisa H+, tapi semenjak saya pernah aktifin battery saver, stlh itu sinyal ga pernah dpt H+ lagi, pdhal battery savernya sudah off, kartu yg dipakai ooreedo. Mohon solusinya gan.. Makasih.

    Reply
  6. Saya mau tanya hp saya LG stylus 2
    Sinyal 0k kartu 4g sinyal okke hp 4g tapi ko gda jaringan internetnya paket nya ada.. Nah udh di seting 4g hp nya tapi tetep gda jaringan..
    Kno ya?? Mohon bantuannya. Tks

    Reply
  7. Coba tanya ke grup facebooknya gan, Soalnya saya belum pernah pegang hp nya. Untuk sekedar info, 4G smartfren hanya support Beberapa HP Saja yang mendukung 2 LTE jenis TDD dan FDD. (jika support keduanya agan bisa pakai kartu 4g indonesia (mayoritas)

    Reply
  8. Kk say mau nanya, kan saya pernah dpt pesan dari telkomsel tentang mengganti kartu 3g ke 4g dengan mengirim kode.. pas saya mau buka pesan kok pesannya hilang?? Kk tau gk cara melihat pesan yg sudah hilang.. Hp sya Samsung galxy j2.. mohon pencerahannya kk

    Reply
  9. Om,ane mau nanya.hh saya Lenovo a7000 plus,sim 1 (Indosat) sim 2 (Telkomsel) ane Udah pake semua cara buat lock 4g Telkomsel tp tetep gak bisa Om,tiap ane data on di sim 2 gak bisa di lock 4g trus balik lg ke mode otomatis, bisanya cuma mode otomatis ,tp kalo data on di sim 1(Indosat) bisa di lock 4g .mohon pencerahannya gan

    Reply
  10. Gan saya pakai lg g4 dual sim, kartu pakai indosat dan telkomsel. Kalau pas pakai indosat semua lancar dan rg lte muncul diindikator, nach yg buat pusing giliran aktifkan tsel (isat off) sama sekali tidak terkoneksi pdh ketika kartu dipasang di HH org rumah clear semua 4g lte jg kenceng. Bantuannya gan kenapa tsel di HH saya (lg g4) tdk ada koneksinya pdh kl gunakan isat no problem semua. Info sinyal 4g kenceng, HH suport 4g lte, kartu tsel 4g… pencerahannya gan, thx

    Reply
  11. Bang Septian,

    Pertanyaan ane sama dg QuatroDincht, hp ane LG XPower, ga bisa lock LTE, nah…dari 3 cara tersebut sdh dilakukan tetapi tidak bisa menampilkan informasi telepon dengan bunyi seperti ini : This application does not work on this device

    Udah pake kode, aplikasi masih belom bisa masuk

    Mohon pencerahannya ya ghan agar bisa stabil di LTE

    Thx

    Reply
  12. saya menggunakan hp andromax B16C2H, katanya hp inikan sudah 4G, dan saya menggunakan sim card smartfren 4G, tp di sinyal saya hanya tertulis G, bukan 4G. cara mengecek agar hp saya memang sudah benar2 terhubung dgn 4G gimana??saya masih bingung mohon segera d balas 🙂

    Reply
  13. Gan saya mau nanyak saya ada sony xperia global di pengaturan nya ada WCDMA/hspa/lte tpi lte nya gk aktif gmna tuh cara aktifin lte nya

    Reply
  14. gan ….
    punya saya SGJ1ace 2015 [SM-J1110G]
    sebelum Update software bisa hanya LTE terus ….
    setelah Update software … sudah di setel hanya LTE, bisa ganti sendiri pada setelan otomatis LTE/3G/2G/GSM

    sudah di reset factory … tapi gak ngaruh … tetap seperti itu
    solusi gimana gan ? agar bisa kembali kayak dulu lagi ???

    nyesel telah update software …..:D

    Reply

Leave a Comment