Dahulu, marketing dikenal dengan metode-metode lawas seperti ATL (above the line) atau BTL (below the line). Namun di zaman modern ini tentu teknik tersebut sudah mulai tergeser dengan adanya teknologi digital yang terus berkembang. Para pembisnis mulai memasarkan produk dengan cara online dengan berbagai cara seperti amnichannel, multi-format ataupun multi-flatform. Semua itu biasanya dilakukan oleh sendiri, tim ataupun menggunakan jasa digital marketing. Lantas apa itu digital marketing? yuk simak artikel berikut ini…
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing adalah aktivitas promosi yang dilakukan oleh individu atau perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan media elektronik (digital).
Dunia digital terus berkembang, jika dahulu hanya bisa menggunakan media digital satu arah seperti telebisi atau radio, sekarang kita bisa menyampaikan informasi dua arah melalui internet.
Contoh Media & Teknik Pemasaran Digital yang sering digunakan :
- Periklanan Online (Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads (Adword dulunya), Atau Marketplace Ads)
- SEO (Search Engine Optimization)
- SMS and Chat Marketing
- Promosi Media Cetak
- Iklan Televisi dan Radio
- Billboard Elektronik (Video Tron)
- Mobile Marketing
- Email Marketing
- Iklan Blog atau Website
- Mobile Aplication
- Dan masih banyak lagi
Keunggulan Digital Marketing vs Marketing Konvensional
- Dapat terukur secara tepat & realtime
- Dapat melihat data seperti lama ditonton, jumlah klik, jumlah konversi, biaya per tayang dan sebagainya.
- Dapat menghitung ROI (return of investment)
- Mudah dan Cepat
- Lebih menjangkau banyak orang
- Bisa atur sesuai demografi
- Lebih murah
- Dan masih banyak lagi kelebihan lainya
Cara Memasarkan lewat Digital Marketing
Tentu menggunakan jasa digital marketing memiliki kelebihan seperti :
- Anda bisa lebih fokus ke Bisnis
- Bisnis kamu akan di promosikan secara profesional
- Menghemat Budget (tidak perlu biaya untuk belajar)
- Hasil lebih efektif dan maksimal
- Keuntungan lebih maksimal