Siapa yang tidak kesal ketika wifi gangguan? pasti semua orang pernah mengalaminya. Salah satu provider internet kabel terbesar di Indonesia yaitu Indihome. Hal ini karena jaringan kabel fiber optic indihome mampu menjangkau daerah pedalaman. Maka tidak heran jika pelanggannya sangat banyak. Dengan banyaknya pelanggan, ini tidak lepas dari masalah yaitu gangguan internet. Nah, di artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman bagaimana cara lapor gangguan indihome yang cepat ditanggapi. Simak artikel berikut ini
Prosedur Komplain Indihome yang Benar
Agar masalah internet anda cepat ditanggapi, sebaiknya lakukan prosedur pengaduan indihome berikut ini
- Restart router wifi terlebih dahulu
- Catat nomor Indihome anda, untuk melihatnya bisa baca artikel tentang cara melihat nomor indihome
- Hubungi contact center yang tertera di bawah
- Jelaskan detail keluhan yang anda alami dan jangan lupa sebutkan juga 12 digit nomor indihome, no. HP aktif, alamat email dan nama pengguna
- Ikuti arahan yang dijelaskan oleh customer service, jika masih terkendala minta CS untuk membuat laporan gangguan
- Tunggu petugas teknisi indihome datang ke rumah, biasanya akan datang dalam 1 – 3 hari kerja
Kontak Indihome (Call Center)
- Telepon 24 jam: 147
- Twitter: @IndiHomeCare (fast response)
- Facebook: IndiHome Care
- Instagram: @IndiHomeCare
- Email: customercare@telkom.co.id
- Telepon bebas pulsa dan no. whatsapp: (tergantung wilayah)
Format Laporan Gangguan Indihome yang Efektif
Agar laporan lebih cepat diselesaikan, sebaiknya anda gunakan format laporan berikut ini
Contoh
Halo, saya septian pelanggan indihome dengan nomor 1322xxxxxxxx mengalami gangguan internet dengan indikator internet merah berkedip pada router dari jam 12 malam hingga sekarang. Area di cibaduyut dan saya sudah mencoba restart modem namun belum berhasil, mohon solusinya terima kasih.
Contoh laporan indihome
Cara Komplain Gangguan Indihome agar Cepat Diperbaiki
Ada beberapa cara cepat pengaduan gangguan indihome, berikut adalah cara yang paling efektif yang bisa anda ikuti
1. Komplain Indihome lewat Aplikasi
Dari pengalaman saya mencoba berbagai cara, lapor lewat aplikasi merupakan cara yang paling cepat. Hal ini karena saat ini Indihome sepertinya sedang menekankan jalur satu pintu yaitu lewat aplikasi. Saya hanya butuh waktu kurang dari 3 jam untuk memperbaiki internet yang putus. Kendala waktu itu yaitu kabel fiber optic yang lepas dari ODP sehingga menyebabkan indikator internet di router menjadi merah. Cara lapornya sangat mudah…
- Download aplikasi myIndihome di Play Store atau App Store
- Silahkan daftar jika belum memiliki akun, jika sudah anda tinggal login
- Masuk ke menu bantuan dan klik “Pengaduan Layanan”
- Pilih area yang bermasalah (Tagihan, Telepon, TV atau Internet)
- Jika muncul perintah restart modem, silahkan ikuti saja dengan klik tombol yang tertera
- Lalu jika masih bermasalah, klik “Hubungi Indira / Indita” dan laporkan keluhan anda di kolom chat
- Setelah laporan dibuat, tunggu teknisi datang ke rumah Anda.
2. Komplain Indihome lewat HP
Jika anda tidak ingin ribet menginstal aplikasi dan mendaftar myIndihome, anda bisa melakukan komplain di HP lewat media sosial resmi milik Indihome yaitu @IndiHomeCare. Dari semua sosial media, twitter yang menurut saya responnya paling cepat. selain lewat twitter bisa juga lewat facebook, instagram atau email. Cara komplainnya cukup mudah
- Buka aplikasi sosial media
- Cari akun @IndiHomeCare di Twitter, Facebook atau Instagram
- Jelaskan detail keluhan
- Tunggu respon balasan dari customer service
- Ikuti prosedur yang diminta hingga laporan dibuat
- Tunggu teknisi datang ke rumah
Baca Juga:
- Cara Mengatasi Wifi Indihome yang Lemot
- Cara Cek Kuota FUP Indihome Terupdate
- Password Wifi Admin Router Indihome Terbaru (Huawei dan ZTE)
3. Komplain lewat Call Center Indihome Bebas Pulsa
Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu melapor langsung ke telkom pusat dengan nomor telepon 147 atau nomor bebas pulsa yang bisa didapatkan di plaza telkom area anda. Kelebihan melapor lewat call center yaitu anda bisa menghubungi kapan saja karena mereka standby 24/7. Prosedur laporan lewat telepon yaitu
- Hubungi nomor pengaduan 147 atau nomor kantor indihome plaza di daerah anda
- Jika robot yang membalas, pilih “berbicara dengan customer service”
- Setelah terhubung, jelaskan detail masalah dengan menyebutkan nomor indihome
- Ikuti langkah yang diminta
- Tunggu teknisi datang ke rumah Anda
4. Komplain lewat Kenalan Teknisi Indihome
Kadang kala, laporan lewat pusat sangat lama ditanggapi apalagi jika kita tinggal di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan telkom plaza. Bahkan, menurut pemaparan sebagian pengguna, teknisi bisa datang lebih lama, hingga 3 hari karena faktor jarak. Nah cara paling mudah dan cepat lewat prosedur lain yaitu menghubungi teknisi indihome yang kita kenal.
Bisa itu teman, teman dari teman atau orang yang memasang indihome waktu pertama kali. Biasanya lewat mereka, gangguan bisa di proses lebih cepat. Namun, jangan lupa untuk memberikan tanda terima kasih berupa tips.
5. Lapor ke Kantor Plaza Telkom Indihome Terdekat
Jika semua cara diatas belum juga berhasil, langkah terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunjungi plaza telkom terdekat. Bagaimana cara mengetahui alamat plaza telkom? Caranya cukup mudah, tinggal buka google maps dan ketik “Plaza telkom”, maka akan muncul.
Cara lapor ke plaza telkom sama seperti laporan pada umumnya, yaitu
- Kunjungi kantor plaza telkom terdekat
- Ambil nomor antrian, jika binggung bisa bertanya kepada satpam
- Tunggu hingga di panggil, jelaskan keluhan dan sebutkan nomor indihome dan alamat tempat tinggal
- Tunggu laporan dibuat hingga teknisi datang ke rumah anda.
Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)
Anda bisa menghubungi nomor pengaduan 147.
Bisa lewat telepon 147, lewat aplikasi myIndiHome, via media sosial dan email atau mengunjungi plaza telkom terdekat.
Yang paling sering yaitu kabel fiber optic putus, perangkat rusak, bencana alam, cuaca, atau gangguan nasional.
Tidak ada pungutan biaya alias 100% gratis. Semua akomodasi dan biaya sudah ditanggung pihak telkom. Namun jika anda ingin berterima kasih bisa memberikan sedikit tips untuk teknisi.
Bisa menghubungi customer service di nomor telepon 147.
Tergantung wilayah anda, kemungkinan besar karena faktor cuaca dan pelanggan yang terlalu banyak sehingga menimbulkan masalah teknis.
Internet tidak tersambung, indikator internet di modem berkedip, mati atau berwarna merah.
Yaitu gangguan yang terjadi di pusat sehingga berdampak pada semua pelanggan indihome di area tertentu.
Biasanya kurang dari 1×24 jam, maksimal dalam 3 hari kerja.
Kesimpulan
Itulah artikel singkat mengenai cara lapor gangguan indihome berdasarkan pengalaman saya pribadi. Semua cara diatas terbukti berhasil menangani gangguan lebih cepat. Cara paling efektif yaitu melalui aplikasi myIndiHome. Selain itu, kita bisa melapor lewat media sosial resmi @IndiHomeCare, lewat email customercare@telkom.co.id atau lewat telepon 147.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.