Cara Refund Saldo yang dipotong Langganan Apple Service Otomatis

Beberapa bulan yang lalu, saya berlangganan Apple Music karena waktu itu kebetulan sedang ada promo klaim gratis 3 bulan langganan dari aplikasi Shazam dan Dana. Tiga bulan kemudian, service berakhir dan saya ditawari gratis 3 bulan lagi dengan hanya membayar biaya langganan 1 bulan saja (sekitar 55 ribu rupiah).

Saya saat itu tertarik dan langsung membayarnya menggunakan shopee pay. Setelah 3 bulan berlangsung, saya lupa bahwa saya berlangganan Apple music. Ketika service berakhir otomatis saldo shopee saya ditarik, padahal saat itu saya tidak berencana memperpanjang karena jarang menggunakan Apple Music.

Kemudian saya berinisiatif untuk menelpon ke layanan service center Apple dan saya menjelaskan kronologi diatas. Ternyata Apple sudah memiliki prosedur untuk pengembalian dana atau layanan konten. Cara pengajuannya cukup mudah, antara lain sebagai berikut:

Cara Refund Dana Apple Service

Cara ini berlaku jika Anda membeli aplikasi berlangganan di App Store, iTunes, Apple Books atau langganan lain seperti Apple Music, iCloud, Fitness, Apple TV dan lain sebagainya.

  • Pertama, buka website reportaproblem.apple.com
  • Login menggunakan akun apple yang anda gunakan untuk membeli atau berlangganan layanan apple
  • Di kolom “Apa yang dapat kami bantu?” pilih “Minta pengembalian dana”.
  • Di kolom “Beri tahu kami lebih lanjut” pilih alasan yang sesuai dengan kasus Anda. Disini saya memilih “Saya tidak bermaksud memperpanjang langganan”.
  • Kemudian klik tombol “Berikutnya” dan pilih item atau layanan yang Anda beli sebelumnya
cara refund dana apple service
  • Kemudian klik Submit (Kirim).

Anda tinggal menunggu keputusan maksimal 48 jam di hari kerja. Anda bisa melihat status klaim refund secara berkala di halaman “Periksa status permintaan pengembalian dana”.

cara periksa status pengajuan refund apple

Di kasus saya, 1 hari pun dana sudah dikembalikan dan saldo masuk ke Shopee pay milik saya.

saldo disedot apple music otomatis

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Proses klaim saya ditolak? bagaimana mengatasinya?

Penolakan itu bisa terjadi jika memang Apple mendeteksi kejanggalan atau ketidakjujuran Anda dalam memberikan alasan. Jadi pastikan Anda memberikan alasan yang jujur. Anda bisa mengajukan klaim refund lebih dari satu kali. Ajukan terus hingga disetujui.

Klaim telah disetujui tapi dana belum masuk

Ini tergantung kebijakan dari metode pembayaran yang Anda gunakan. Jika e-wallet atau debit biasa, bisa memakan waktu 48 jam. Jika menggunakan paypal atau kredit card tertentu bisa maksimal hingga 60 hari kerja. Anda bisa menghubungi pihak bank.

Tidak bisa mengakses pengembalian dana

Ini kemungkinan Anda memiliki tagihan yang masih terhutang. Anda harus melunasi semua tagihan terlebih dahulu.

Bagaimana agar kasus saldo tersedot otomatis bisa berhenti dan tidak terulang?

Anda harus memberhentikan semua langganan secara berkala, jangan sampai lupa dan dibiarkan begitu saja.

Anak saya tidak sengaja membeli langganan Apple service / aplikasi atau game?

Anda bisa melakukan prosedur pengembalian dana seperti yang telah dijelaskan diatas, tinggal beri tahu di kolom alasan “Anak di bawah umur melakukan pembelian tanpa izin”.

Saldo sudah terpotong, Tapi game dan aplikasi di App Store belum berhasil terbeli.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kasus tersebut. Anda hanya tinggal mengisi alasan “Pembelian in-app tidak diterima” atau “pembelian saya tidak berfungsi seperti yang diharapkan”.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, sehari-hari bekerja sebagai Digital Marketing Consultant yang memiliki ketertarikan di bidang filsafat, teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment